Ini Penyebab Rantai Motor Cepat Kendur dan Putus Saat Musim Hujan
Selasa, 12/01/2016
(Foto)
Menurut Service Advisor Yamaha Flagship Shop Jakarta, Abdul Azis Muslim, ada beberapa kondisi alam sesaat setelah hujan mengguyur bumi dan menyebabkan rantai motor kendur. Pertama, semprotan genangan air hujan yang bercampur lumpur menyebabkan lama kelamaan gemuk atau grease di rantai hilang atau berkurang.
"Padahal, grease itu selain menjaga suhu rantai tetap dingin juga sebagai pelumas. Tetapi karena terkena kotoran yang lengket, fungsinya jadi tidak maksimal. Sehingga rantai panas dan selanjutnya mengendur saat dingin," papar Azis dalam surat elektroniknya kepada detikOto.
Faktor kedua, adalah faktor kebiasaan atau cara berkendara. Saat hujan reda, umumnya para pengguna kendaraan memperlambat laju kendaraan karena macet.
Pada saat itulah, cara berkendara stop and go alias berhenti dan tanpa gas dengan cara betot gas sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Entakan demi entakan terus dilakukan. Walhasil, rantai motor yang berfungsi menarik roda sesuai entakan gas juga bekerja ekstra keras.
"Apalagi, jika pemotor sering menemui jalanan berlubang. Aksi membetot tuas gas yang juga berarti mengentak-entak rantai motor juga sering terjadi. Akibatnya, rantai pun kendur," terangnya.
Faktor yang tak kalah penting dalam menyumbang terjadinya rantai kendur adalah, beban yang diangkut motor berlebihan. Karena beban motor yang melenihi takaran semestinya itulah menjadikan beban kerja rantai juga bertambah.
Kerentanan rantai menjadi kendur atau bahkan putus semakin tinggi jika setelan rantai terlalu kencang. Maklum, dengan tingkat ketegangan atau kekecangan yang tinggi, gesekan dengan gigi gir juga semakin besar.
Walhasil, suhu juga meningkat. Sementara di saat yang sama, kotoran basah yang berserakan di jalan mengenai rantai yang panas. "Jika hal itu dibiarkan maka rantai akan cepat korosi, bersuara berisik, bahkan bisa putus saat itu juga," sebut Azis.
Namun, kata pria pehobi balapan itu, kondisi terburuk pada rantai itu bisa dicegah dengan melakukan beberapa langkah. Selain melakukan pengecekan dan penyetelan ulang, juga membersihkan rantai setelah motor beberapa kali melibas genangan saat hujan.
"Seiring dengan pembersihan itu juga gunakan pelumas khusus untuk rantai, dan bukan oli bekas. Selain itu sebaiknya memakai rantai sesuai rekomendasi pabrikan. Upaya lainnya mengecek as roda dan mur pengikat roda belakang," paparnya.
Satu hal lain yang juga diingatkan Azis adalah, posisi as roda – antara sisi kanan dan kiri - harus benar-benar sejajar dan tidak miring, Sebab, jika miring memicu rantai menjadi kendur karena akan tertarik oleh sisi lain.
Dia juga merekomendasikan pemeriksaan dan penyetelan rantai dilakukan di bengkel resmi. Alasannya kelengkapan alat dan akurasinya lebih terjamin.
0 comments:
Post a Comment