Benelli Tornado 302 Siap Tandingi YZF-R25 dan Ninja 250

Benelli Tornado 302 2016 Indonesia, Lawan YZF-R25 dan Ninja 250



       Benelli Tornado 302 Terbaru, Benelli Indonesia berencana untuk menghadirkan beberapa motor barunya di Tanah Air. Salah satu di antaranya adalah Benelli Tornado 302. Motor yang diperkenalkan di perhelatan EICMA 2015 ini berhadapan langsung dengan Yamaha YZF-R3 dan Kawasaki Ninja 300 yang sama-sama menggunakan mesin 300 cc.
Hanya saja terdapat perbedaan jika motor baru ini nantinya dijual di Indonesia. “Tornado 302 full fairing yang tampil di EICMA 2015 kemarin sebenarnya sudah banyak permintaan. Saat ini kami sedang melakukan studi dan melihat peluang untuk pasar Indonesia,” kata Steven Kentjana Putra, selaku Director PT Benelli Motor Indonesia, dilansir laman Otomotifnet.

        Bila jadi dipasarkan di Tanah Air, Benelli Tornado 302 akan mengandalkan mesin berkapasitas lebih kecil, yakni 250 cc. Tidak menutup kemungkinan motor sport full fairing ini akan dibekali jantung pacu mirip kepunyaan Benelli TNT 250 yang mengusung mesin 250 cc 2 silinder. Membidik segmen sport 250 cc, Benelli Tornado 302 nanti akan menghadapi persaingan ketat Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha YZF R25 yang sudah lebih dahulu mendarat di Indonesia.
       Sebagai informasi tambahan, Benelli TNT 250 yang dipasarkan di Indonesia memakai mesin 2 silinder, 4 stroke, liquid cooled berkapasitas 249 cc. Mesin ini mempunyai rasio kompresi 12:1. Sementara bore dan stroke-nya 61,0 x 42,7 mm. Mesin tersebut ditemani dengan sistem transmisi enam percepatan.
     “Meski motor sport full fairing khususnya yang 250 cc sudah dikuasai Jepang, bukan berarti kami tidak berani untuk berkompetisi di segmen yang sama,” lanjut Steven.
Berbekal kelebihan dan harga yang kompetitif, Benelli optimis dapat memikat konsumen di segmen yang tengah naik daun ini. Benelli Tornado 302 2016 2
Benelli Tornado 302 merupakan motor sport bergaya full fairing. Motor ini adalah model full fairing kedua Benelli setelah Tornado 1130. Tornado 302 mempunyai panjang 2.157 mm, dengan lebar 746 mm dan tinggi 1.146 mm. Wheelbase atau panjang sumbu rodanya mencapai 1.410 mm, sementara ground clearance-nya 180 mm.
         Tangki bahan bakar yang dibenamkan pada motor ini mempunyai kapasitas 14 liter. Untuk dapur pacunya Benelli Tornado 302 mengandalkan mesin 300 cc DOHC inline twin-cylinder dan berpendingin cairan. Mesin tersebut dapat menghasilkan daya puncak sebesar 35,35 hp pada putaran mesin 12.000 rpm dengan torsi 27 Nm pada 9.000 rpm.
Tenaga yang dihasilkan ini jauh lebih besar dibandingkan versi naked. Untuk versi naked atau tanpa fairingnya hanya dapat menghembuskan tenaga 28,14 PS pada 11.500 rpm dengan torsi 26,5 Nm pada 10.000 rpm.
         Benelli mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan settingan khusus di mesin versi full fairing. Akan tetapi kedua versi menggunakan transmisi yang sama, yakni gearbox enam kepecatan.
Sebagian besar komponen Benelli Tornado 302 diambil dari TNT 300/302. Beberapa di antaranya adalah sasis baja trestle, 41 mm inverted telescopic fork 120 mm untuk suspensi depan dan monoshock 45 mm untuk suspensi belakang.
Sementara sistem pengeremannya menggunakan dual disc berukuran 260 mm dengan kaliper 4 piston untuk roda depan. Dan untuk roda belakangnya mengandalkan rem cakram tunggal dengan mono piston caliper. Benelli Tornado 302 menggunakan ban Metzeler yang mempunyai ukuran 110/70 ZR17 dan 150/60 ZR17.
Spesifikasi Benelli Tornado 302:
  • Displacement  : 300 cc
  • Maximum Power : 35,35 hp @ 12,000 RPM
  • Maximum Torque : 27 Nm @ 9,000 RPM
  • Engine Description : In-line 2-cylinder, 4-stroke, liquid-cooled, 4-valves, DOHC
  • Fuel System : Electronic Fuel Injection with throttle body 34mm
  • Ignition : ECU
  • Lubrication : Wet Sump
  • Compression Ratio : 12:01
  • Bore : 65 mm
  • Stroke : 54.2 mm
  • Spark Plug Model Type : NGK CR8E
  • Gearbox : 6 speed
  • Clutch : Wet clutch
  • Final Drive : Chain drive
  • Front Brake : 260mm Double Floating Discs with 4 Pistons Calliper
  • Rear Brake : 240mm Single Disc with Floating Calliper Single Piston
  • Anti-lock Braking System (ABS) : Optional
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment